Kisah Inspiratif Tips Kerja Remote

Thursday, 14 March 2024 - 00:53 WIB

1 month yang lalu

logo

Eka Buktikan: Kerja Remote dari Rumah Bisa Jaga Keluarga & Raih Cuan

Dalam dunia kerja yang terus berkembang, kerja remote dari rumah semakin menjadi pilihan yang populer bagi banyak profesional, bahkan sudah menjadi benefit yang dicari oleh para profesional dalam memilih perusahaan tempat ia bekerja.

Saya berkesempatan untuk berbicara dengan Eka Primadestia, seorang Learning Development Officer di Digital Skola, yang telah meraih kesuksesan dalam gaya hidup kerja dari rumah. Dalam obrolan saya dengannya, mba Eka berbagi pengalaman berharga tentang tantangan dan strategi suksesnya dalam bekerja dari jarak jauh di Indonesia.

Pengalaman Kerja Remote dari Rumah

Eka bercerita bagaimana pandemi COVID-19 bikin perubahan besar dalam karir dan kehidupannya. “Ya, semuanya dimulai karena pandemi,” katanya. “Ketika pandemi membuat pekerjaan di Jakarta harus WFH, itu membuatku sadar kalau ternyata kerja juga bisa dilakukan dari rumah.”

Memang, waktu pandemi COVID-19 dulu, beberapa instansi pemerintahan dan perkantoran swasta di Jakarta menerapkan kebijakan work from home (WFH) untuk karyawan-karyawannya. Hal ini sejalan dengan surat edaran dari Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta Nomor 14/SE/2020 tentang Himbauan Bekerja di Rumah (Work From Home).

Dan bukan hanya di Jakarta, di tempat saya, Kota Tasikmalaya (waktu masih kerja di sana), beberapa perusahaan juga menerapkan kerja remote dari rumah sebagai langkah untuk menekan penyebaran Covid-19.

Tips Kerja Remote dari Rumah Versi Mba Eka

tips kerja remote dari rumah

Dalam menghadapi tantangan awal, Eka merekomendasikan untuk menetapkan batasan antara waktu kerja dan istirahat. Dia mengatakan, “Mungkin karena aku kerja di rumah yang biasanya jadi tempat untuk santai, jadi ada rasa campur aduk antara kerja dan istirahat ya.” Namun, dengan konsistensi dan disiplin, Eka berhasil menyelesaikan masalah tersebut.

Sebagai contoh, Eka membuat jadwal yang jelas: mulai bekerja pada jam tertentu di pagi hari dan menetapkan waktu istirahat yang tetap di tengah hari.

Selama jam kerja, ia fokus pada pekerjaannya dan menghindari gangguan, sementara saat istirahat, ia benar-benar meluangkan waktu untuk bersantai atau melakukan aktivitas yang menyenangkan. Dengan cara ini, Eka dapat memastikan bahwa waktu kerja dan waktu istirahatnya tetap terpisah dengan baik.

Skill untuk Kerja Remote dari Rumah

Eka menyoroti betapa pentingnya memiliki keterampilan yang sesuai untuk bekerja dari jarak jauh. “Dunia terus bergerak cepat,” katanya. “Jadi, penting untuk terus meningkatkan keterampilan agar tetap relevan di tengah perubahan lingkungan kerja.”

Contoh skill yang berguna untuk kerja remote yaitu:

  1. Kemampuan komunikasi virtual yang baik, seperti penggunaan email, video conference, dan aplikasi pesan instan.
  2. Penguasaan teknologi dan perangkat lunak yang digunakan dalam pekerjaan, seperti Microsoft Office, Google Suite, atau platform manajemen proyek seperti Trello atau Asana.
  3. Kemampuan manajemen waktu yang baik untuk mengatur jadwal kerja, mengatur prioritas, dan memenuhi tenggat waktu.
  4. Keterampilan adaptasi yang fleksibel untuk berurusan dengan perubahan tugas atau lingkungan kerja yang cepat.
  5. Kemampuan untuk bekerja secara mandiri tanpa pengawasan langsung.
  6. Pemecahan masalah dan kemampuan pengambilan keputusan yang baik untuk menangani tantangan yang muncul saat bekerja dari jarak jauh.

Di blog ini juga sudah membahas skill untuk kerja remote dari rumah, kamu bisa membacanya dan pelajari.

Inspirasi dan Motivasi Menjalani Kerja Remote dari Rumah

Eka bercerita tentang apa yang membuatnya termotivasi dalam menjalani karir sebagai remote worker. “Setiap orang punya alasan dan semangatnya sendiri,” katanya. “Bagi aku pribadi, menyadari betapa pentingnya memanfaatkan waktu dengan baik, terutama untuk merawat orang tua yang sering sakit, menjadi sumber inspirasi bagi aku untuk terus berkembang dan menjalani karir sebagai remote work.

Dengan memiliki peran yang penting dalam keluarganya dan menyadari bahwa waktu adalah aset berharga, mba Eka merasa memiliki tujuan yang jelas dalam menjalani gaya hidup kerja remote yang memungkinkannya untuk memberikan perhatian yang cukup kepada orang tua sambil tetap mengembangkan diri sebagai profesional.

Remote Work is the New Cool: Mba Eka Sudah Buktikan

Dari obrolan seru bersama mba Eka Primadestia, kita bisa lihat betapa serunya mengubah tantangan jadi peluang dalam dunia remote work. Remote work bukan hanya soal kerja remote dari rumah, tapi juga tentang menggali potensi baru dalam diri kita.

Yuk, kita mulai petualangan baru sebagai remote worker! Jangan takut tantangan, teruslah belajar dan berkembang, serta manfaatkan setiap kesempatan untuk meraih mimpi kita. Bersama-sama, kita bisa jadi bagian dari perubahan menuju dunia kerja yang lebih seru, fleksibel, dan inspiratif.

Author

  • Eriga Syifaudin Al Mansur

    Eriga is a diligent learner, with over 5 years of experience in Content Writing & Content Marketing. Apart from writing, Eriga also enjoys teaching online courses on content marketing, SEO Content Writing, and Copywriting. His hobbies include reading books and playing games.

Artikel ini telah dibaca 207 kali

Baca Lainnya